| More

Awas Dengarkan iPod Satu Jam, Pendengaran Rusak


Mendengarkan alat pemutar musik seperti iPod atau MP3 dalam satu jam, ternyata dapat merusak pendengaran Anda secara signifikan. Para ilmuwan menunjukkan, mendengarkan musik dengan headphone selama satu jam dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di telinga luar.
Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Archives of Otolaryngology-Head & Neck Surgery, melakukan uji coba kepada 21 orang yang diminta mendengarkan musik pop atau rock selama satu jam, dengan menggunakan dua jenis headphone dan volume yang bervariasi. "Percobaan ini dirancang untuk mempelajari efek jangka pendek pada sistem pendengaran kaum muda yang mendengarkan pemutar MP3 selama satu jam," kata kepala penelitian Dr. Hannah Kempler dari Universitas Gent, Belgia.
"Seperti yang telah diketahui, paparan kebisingan yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan hilangnya kemampuan pendengaran," tambah Kempler. Semakin meningkatnya popularitas dan ketersediaan pemutar musik portabel, telah menyebabkan keprihatinan atas dampak potensial berbahaya pada pendengaran.
Sumber : liputan6

0 Response to "Awas Dengarkan iPod Satu Jam, Pendengaran Rusak"

Powered by Blogger