| More

Membongkar Ledakan Cerutu Galaksi


Sigmund Freud pernah sesekali memprotes bahwa suatu cerutu adalah sekedar cerutu. Namun Astronom mempelajari yang disebut "Cerutu Galaksi" sudah menemukan ada lebih banyak dari yang diterima pandangan mata. Inilah mengapa mereka melihat di balik cahaya tampak kepada pemahaman dari keganjilan galaksi ini.

Cerutu Galaksi, yang lebih dikenal sebagai M82, terletak di langit utara dari konstelasi Ursa Mayor. Ada sekitar 12 juta tahun cahaya jauhnya... tidak sama persis dengan tetangga sebelahnya, tetapi memdekati keindahan seperti galaksi yang berjalan. Dan ini sedikit terlihat seperti sebuah cerutu, ini sebenarnya berbentuk seperti cakram. Kita hanya melihat ini dari ujungnya.

Eksplorasi Kami mulai dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble. Ini dirayakan pada hari ulang tahun ke 16 oleh pelepasan sebuah gambar dramatis baru tentang M82. Ini menunjukkan gambar dalam detail yang luar biasa dari apa yang kita lihat dalam cahaya tampak. Jalur setapak debu gelap menghalangi pandangan kami dari bintang yang membuat cakram, dan tidak biasanya kawat pijar dari gas hidrogen panas melebar jauh keatas dan dibawah cakram.Tetapi apakah yang menyebabkan gas ini menampilkan kembang api?

Pengamatan sinar-x Chandra, bekerja di energi tinggi terakhir pada spektrum, yang membantu menjawab pertanyaan ini. Sinar-x ini berasal dari jutaan derajat gas di M82, panas dari mengerasnya bentuk bintang aktif yang dikenal "penuh bintang", Didalam daerah kecil inti galaksi ini bintang terbentu sepuluh kali lebih cepat dibandingkan keseluruhan galaksi bima sakti kita di gabungkan.

Bintang raksasa meledak sebagai supernova setiap dua puluh tahun atau lebih. Ledakan ini mengusir gas panas dalam arus serupa air mancur panas yang bergerak jutaan mil perjamnya.

Di akhir spektrum cahaya, lensa mata inframerah dari teleskop spitzer menambah penemuan baru yang mengejutkan. Di panjang gelombang inframerah pendek, cahaya bintang dari M82 bersinar jelas melewati debu. Kita dapat melihat semua jalan kedalam pusat ledakan bintang.
Kejutan sebenarnya adalah debu halo besar yang terlihat di panjang gelombang jauh, ini lebih dari 20.000 tahun cahaya dan ini yang paling terang yang pernah dilihat di sekitar galaksi. Debu ini terbentuk dari bahan campuran organik mirip yang ditemukan dalam knalpot mobil atau di atas panggangan barbeque..... Cerutu tentu saja rokok! Dan asapnya menunjukkan kesamaan unsur-unsur yang menyusun planet, dan bahkan seseorang, mungkin terlepaskan kedalam antar galaksi luar angkasa bersama dengan gas.

Jadi apa yang menyebabkan suatu galaksi meledak? Hal ini disebabkan karena adanya perselisihan dengan tetangganya. Tak jauh dari M82 adalah M81 teman galaksinya. Ini galaksi normal yang pergi, dengan lengan spiral biasa.

Inframerah spitzer menunjukkan tampilan debu berwarna merah terletak di jalur tertib sepanjang lengan spiral, tidak dalam kekacauan halo seperti M82.Astronom berfikir bahwa setengan miliar tahun yang lalu kedua galaksi bertemu. Arus gravitasi telah banyak mengeraskan M82, yang menggangunya dan membuat ledakan
bintang.

Ketika kami menggabungkan sinar-x, cahaya tampak, dan inframerah yang dilihat dari Chandra, Hubble dan Spitzer, kita melihat galaksi ini disiksa di jalur mata manusia yang tidak biasa. Cahaya bintang kedalam kuning hijau, yang panas gas biru dan debu asap adalah merah. Gabungan observatorium besar dari M82 menunjukkan sekilas ledakan bintang galaksi yang kompleks dan material ini terdaur ulang lagi ke alam semesta.Hidden Universe di produksi oleh pusat ilmu pengetahuan Spitzer di Institut Teknologi California di Pasadena. Misi Spitzer diatur oleh Laboratotium Propulsi Jet NASA.
 


sumber : astrokom.blogspot.com

0 Response to "Membongkar Ledakan Cerutu Galaksi"

Powered by Blogger