| More

NASA Tangkap Gambar Ledakan Kosmik

Washington: Sebuah teleskop milik NASA menangkap gambar ledakan besar kosmik di luar angkasa berjarak jutaan mil dari Bumi. Ledakan hebat itu tertangkap teleskop Chandra X-Ray Observatory dan antena Very Large Array. Demikian yang dilansir Telegraph,  Senin (23/8).
Para astronom mengatakan, ledakan itu disebabkan gelombang kejut antara lubang hitam raksasa dengan gas yang mendingin. Ledakan besar itu, katanya, terjadi di galaksi M87 (Messier 87) yang berjarak 50 juta tahun cahaya (satu tahun cahaya sama dengan 5,9 triliun kilometer, red).
"Lubang hitam yang memicu ledakan kosmis super tersebut menghambat terbentuknya jutaan bintang baru," ucap para ilmuwan. "Normalnya sebuah bintang akan terbentuk di di dalam sebuah galaksi, ketika sebuah gas yang super panas mendingin. Akan tetapi ledakan ini menghambat proses tersebut."
Juru bicara NASA mengatakan, letusan kosmis itu sangat mirip dengan letusan gunung berapi Eyjafjallajökull di Islandia, yang mengeluarkan banyak asap dan abu. Bahkan, ledakan itu mengakibatkan gangguan untuk perjalanan udara pada awal tahun lalu.
"Sama seperti ledakan gunung berapi di bumi, ledakan kosmik  memompa partikel energi menjadi sebuah kumpulan gas. Dengan penganalogian seperti Eyjafjallajokull, partikel energi membuat lubang hitam semakin meluas, mengangkat gas-gas yang dingin ke dekat pusat galaksi M87," ucap juru bicara NASA.
Sumber : liputan6

0 Response to "NASA Tangkap Gambar Ledakan Kosmik"

Powered by Blogger