| More

Pembangkit Tenaga Pasang Terbesar di Dunia

Pembangkit listrik ini mampu memasok energi untuk 1.000 rumah.
Pembangkit listrik tenaga pasang air laut terbesar di dunia telah selesai dibangun. Pembangkit bernama AK1000™ ini segera akan dipasang di Pusat Energi Laut Eropa (EMEC) di Orkney, Skotlandia, pada musim panas ini.
Pembangkit yang dibuat Atlantis Resources Corporation (“Atlantis”) ini dibangun lebih dari sepuluh tahun. Saat ini, turbin tersebut masih berada di pusat rekayasa Isleburn.
Mesin yang memiliki rotor berdiameter 18 meter, berat 1.300 ton dan tinggi 22,5 meter ini diperkirakan bisa menghasilkan 1 megawatt di kecepatan air 2,65 meter per detik. Dengan begitu, turbin ini bisa memberikan cukup listrik untuk lebih dari 1.000 rumah.
Turbin didesain bisa tahan terhadap cuaca buruk dan keras laut terbuka di Skotlandia. Meski begitu, mesin ini diklaim ramah linkungan karena berkecepatan rendah dan menghasilkan listrik yang stabil dan berkelanjutan.
“Pembangunan AK1000™ adalah lompatan penting, bukan saja bagi Atlantis, namun untuk industri energi kelautan di Inggris Raya," kata CEO Atlantis, Timothy Cornelius, seperti dilansir laman resmi Atlantis. "Turbin ini kulminasi kerja, dedikasi dan keyakinan 10 tahun dari rekan, staf, direktur dan pemegang saham," ujar pimpinan perusahaan yang bermarkas di Inggris dan Singapura itu, Kamis 12 Agustus 2010.
AK1000™ dibangun Soil Marine Dynamics di Newcastle, Inggris. Struktur dasar gravitasi dan mesinnya disempurnakan di Isleburn Engineering, anggota dari Global Energy Group. Baja turbin datang dari Corus’ Scunthorpe.
Energi pasang berbeda dengan energi ombak. Energi ombak mengambil gerak vertikal ombak, sementara energi pasang mengambil energi tarikan dan dorongan yang ditimbulkan gaya gravitasi bulan dan matahari. Energi pasang ini diperkirakan memiliki energi kinetik 350 kilometer per jam. Pembangkit tenaga pasang ini sangat ramah karena tak harus memblokir jalur air sehingga meminimalkan dampak lingkungan.
Sumber :vivanews

0 Response to "Pembangkit Tenaga Pasang Terbesar di Dunia"

Powered by Blogger