| More

Bulan Ini, Tiga Planet Bermunculan

 Pada 7-8 Agustus malam waktu AS, planet Venus, Mars, dan Saturnus bisa terlihat dari Bumi

Artikel Terkait 
Bulan Agustus adalah saat yang tepat bagi pengamat astronomi, terutama yang gandrung mengamati benda-benda angkasa di sekitar Bumi. Pasalnya, di bulan ini banyak pemandangan angkasa yang bisa dinikmati dan dipelajari.
Dalam beberapa hari mendatang, tiga planet paling terang di galaksi Bima Sakti bisa disaksikan langsung dari Bumi. Planet Venus, Mars, dan Saturnus bisa dilihat saat mereka saling mendekat.
Seperti dikutip dari laman Space.com, pada malam 7 dan 8 Agustus waktu AS, tiga planet tersebut hanya akan terpisah lima derajat satu sama lain dan bisa disaksikan di langit barat selepas senja. Pemandangan terbaik dari trio planet ini hanya bisa disaksikan 60 hingga 90 menit setelah matahari tenggelam sebelum mereka akan makin tenggelam dan tidak lagi berada di atas horison.
Bersama-sama mereka akan membentuk formasi segitiga. Bagi pengamat amatir, berikut trik mengidentifikasi masing-masing planet. Venus adalah planet terbesar dan paling terang dibanding Mars dan Saturnus. Planet Saturnus akan berada tepat di samping Venus, dengan warna kekuningan. Kemudian, Planet Mars yang akan berada di atas kedua planet tersebut, memancarkan warna kemerahan.
Bulan akan ikut meramaikan pemandangan alam semesta ini pada 12 Agustus malam hingga menjelang 13 Agustus. Saat itu, Bulan dalam bentuk sabit akan berada di sisi kiri Venus dengan Mars di atas mereka dan Saturnus di sisi bawah. Dan jangan lupakan Merkurius yang akan berdiam di bawah kumpulan benda angkasa tadi. Semua akan berkumpul di horison barat.
Dua pekan pertama bulan Agustus menjadi saat yang baik untuk menyaksikan Merkurius, planet yang relatif belum tereksplorasi tersebut. Pada 12 Agustus, Bulan yang nanti tampak lebih tipis, akan berada di atas Merkurius.
Akhirnya, pada 27 Agustus, Bulan dalam bentuk nyaris purnama akan terletak di bahwa Yupiter, raja para planet. Saat itu, tengoklah ke langit timur mulai pukul 9 malam.
Sumber : vivanews

0 Response to "Bulan Ini, Tiga Planet Bermunculan"

Powered by Blogger